PENGUMUMAN

RINGKASAN RISALAH RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN

TAHUN BUKU 2019

PT KIMIA FARMA Tbk

Direksi PT Kimia Farma Tbk (selanjutnya disebut “Perseroan”), berkedudukan di Jakarta Pusat, dengan ini memberitahukan bahwa telah diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (selanjutnya disebut “Rapat”) pada:

Hari/tanggal : Rabu, 29 Juli 2020
Waktu : 10.46 WIB s.d 12.37
Tempat :

Flores B Ballroom

Hotel Borobudur

Jl. Lapangan Banteng Selatan

Jakarta Pusat 10110

Rapat dipimpin oleh Bpk. Untung Suseno Sutarjo, selaku Komisaris Utama Perseroan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Nomor KEP - 007/KOM-KF/VII/2020 tanggal 1 Juli 2020.

A.   Kehadiran Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan

Rapat dihadiri oleh 5 (lima) Anggota Dewan Komisaris dan 5 (lima) Anggota Direksi Perseroan, sebagai berikut:

 Dewan Komisaris Direksi

Komisaris Utama

Bpk. Untung Suseno Sutarjo  Direktur Utama Bpk. Verdi Budidarmo
Komisaris Ibu Chrisma Aryani Albandjar Direktur Keuangan Bpk. Pardiman
Komisaris Bpk. Subandi Sardjoko Direktur Pengembangan Bisnis Bpk. Imam Fathorrahman
Komisaris Independen Bpk. Wahono Sumaryono Direktur Produksi & Supply Chain Bpk. Andi Prazos
Komisaris Independen Bpk. Nurrachman Direktur Umum & Human Capital Bpk. Dharma Syahputra

B.  Kuorum Kehadiran Para Pemegang Saham

Rapat dihadiri oleh para Pemegang Saham dan/atau kuasa Pemegang Saham baik secara fisik maupun melalui e-Proxy KSEI yang seluruhnya mewakili 5.000.183.341 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh satu) saham, termasuk di dalamnya saham seri A Dwiwarna atau merupakan 90,0285081% dari seluruh saham dengan hak suara yang sah yang dikeluarkan Perseroan sampai dengan hari Rapat, yaitu sejumlah 5.554.000.000  (lima miliar lima  ratus lima puluh  empat  juta) saham yang terdiri dari:

             1 (satu) saham seri A Dwiwarna, dan;

       5.000.183.340 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh) saham seri B dengan memperhatikan Daftar Pemegang Saham Perseroan per tanggal 6 Juli 2020.

C.  Mata Acara Rapat

Rapat diselenggarakan dengan Mata Acara, sebagai berikut:

1.    Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2019 termasuk di dalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pengawasan Dewan Komisaris serta Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

2.    Persetujuan Laporan Tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahun Buku 2019 serta Pengesahan Laporan Keuangan PKBL yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

3.    Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2019.

4.    Penetapan Gaji/Honorarium, Tunjangan dan Fasilitas Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk Tahun Buku 2020 dan Tantiem untuk Tahun Buku 2019.

5.    Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2020 dan Laporan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahun Buku 2020.

6.    Penetapan Penggunaan Laba Ditahan atas dampak penerapan PSAK 71, 72 dan 73.

7.    Persetujuan Perubahan Peraturan Dana Pensiun (PDP) PT Kimia Farma Tbk terkait dengan adanya perubahan atas pendanaan dan/atau besaran Manfaat Pensiun.

8.    Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

D.     Kesempatan Tanya Jawab

1.    Pada setiap Mata Acara Rapat diberikan kesempatan untuk tanya jawab.

2.    Pimpinan Rapat dapat membatasi waktu dalam acara tanya jawab pada masing-masing Mata Acara Rapat.

3.    Pertanyaan, pendapat dan/atau usul disampaikan secara tertulis, singkat, dan jelas pada formulir pertanyaan yang telah disediakan dan hanya terkait dengan Mata Acara Rapat.

4.    Penyampaian pertanyaan, pendapat, dan/atau usul yang diajukan secara lisan tidak dapat ditanggapi.

5.    Pemegang Saham atau kuasanya yang sah yang hendak mengajukan pertanyaan, pendapat dan/atau usul diminta untuk mengangkat tangan.

6.    Pertanyaan, pendapat dan/atau usul yang telah ditulis pada formulir pertanyaan oleh Pemegang Saham atau kuasanya diserahkan kepada petugas yang ditunjuk untuk selanjutnya disampaikan kepada Notaris untuk diteliti keabsahan/kewenangannya.

7.    Formulir pertanyaan yang sudah diteliti oleh Notaris diserahkan oleh petugas kepada Pimpinan Rapat. Selanjutnya Pimpinan Rapat akan mempersilahkan kepada penanya atau pihak yang ditunjuk untuk membacakan pertanyaan, pendapat dan/atau usul tersebut sesuai dengan pertanyaan dalam formulir pertanyaan, pendapat dan/atau usul yang disampaikan tersebut berhubungan dengan Mata Acara Rapat yang sedang dibicarakan.

8.    Pimpinan Rapat berhak menolak menjawab pertanyaan, pendapat dan/atau usul yang tidak berkaitan dengan Mata Acara Rapat yang sedang dibicarakan atau yang sudah ditanyakan sebelumnya.

9.    Anggota Dewan Komisaris atau Anggota Direksi atau pihak yang ditunjuk oleh Pimpinan Rapat akan menjawab pertanyaan atau menanggapi pendapat dan/atau usul yang telah dibacakan tersebut.

10.  Pimpinan Rapat berwenang mengambil tindakan yang diperlukan apabila terdapat peserta Rapat yang dianggap mengganggu kelancaran dan ketertiban acara Rapat ini.

E.  Mekanisme Pengambilan Keputusan

1.    Keputusan Rapat diambil berdasarkan musyawarah untuk mufakat. Jika keputusan berdasarkan musyawarah mufakat tidak tercapai, maka keputusan diambil dengan pemungutan suara.

2.    Pemungutan suara dilakukan setelah seluruh pertanyaan selesai dijawab dan/atau waktu tanya jawab habis.

3.    Tiap-tiap saham memberikan hak kepada pemegangnya untuk mengeluarkan 1 (satu) suara. Apabila seorang Pemegang Saham memiliki lebih dari 1 (satu) saham, maka ia hanya diminta untuk memberikan 1 (satu) kali dan suaranya itu mewakili seluruh saham yang dimilikinya atau diwakilinya.

4.    Pemungutan suara untuk keputusan Rapat dilakukan dengan cara “Mengangkat Tangan” dengan ketentuan sebagai berikut:

(i)             Mereka yang Tidak Setuju dan Abstain/blanko akan diminta untuk mengangkat tangan dan menyerahkan kartu suaranya;

(ii)           Mereka yang tidak mengangkat tangan dianggap memberikan suara setuju;

(iii)          Suara abstain dianggap mengeluarkan suara yang sama dengan suara mayoritas pemegang saham yang mengeluarkan suara;

(iv)          Untuk setiap Mata Acara Rapat akan dilakukan pemungutan suara untuk pengambilan keputusan;

(v)           Pada setiap akhir pemungutan suara, Notaris membaca hasil pemungutan suara tersebut.

F.     Pihak Independen Penghitung Suara

Perseroan telah menunjuk pihak independen yaitu PT Datindo Entrycom dalam melakukan perhitungan dan/atau memvalidasi suara.

G.     Keputusan Rapat

Dalam Rapat tersebut telah diambil keputusan yaitu sebagaimana dituangkan dalam “Akta Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT KIMIA FARMA Tbk” Nomor 24 tertanggal 29 Juli 2020, yang minuta aktanya dibuat oleh Notaris Mochamad Nova      Faisal, S.H., M.Kn, tersebut yang pada pokoknya adalah sebagai berikut:

Mata Acara Pertama

Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2019 termasuk di dalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pengawasan Dewan Komisaris serta Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Pertama terdapat 2 (dua) orang penanya.

Hasil Perhitungan Suara

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0,0011500% 0,0000068% 99,9988432%

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.000.125.841 (lima miliar seratus dua puluh lima ribu delapan ratus empat puluh satu) saham atau merupakan 99,9988500% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

1.    Mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan Tahun Buku 2019 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan sesuai dengan laporannya No. 00170/2.1030/AU.1/04/0645-1/1/III/2020 tanggal 13 Maret 2020 dengan opini laporan keuangan konsolidasian menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, dan sepanjang bukan merupakan tindak pidana dan tercermin dalam buku-buku laporan Perseroan.

2.    Memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada para anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019 sepanjang tindakan tersebut bukan merupakan tindak pidana dan tercermin dalam buku-buku laporan Perseroan.

Mata Acara Kedua

Persetujuan Laporan Tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahun Buku 2019 serta Pengesahan Laporan Keuangan PKBL yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Kedua tidak terdapat penanya.

Hasil Perhitungan Suara

 

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0% 0,0000048% 99,9999952%

Dengan demikian Rapat dengan suara bulat yaitu 5.000.183.341 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh satu) saham atau merupakan 100% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

1.    Menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perseroan Tahun Buku 2019, dan Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perseroan Tahun Buku 2019 yang diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan sesuai laporannya No. 00104/2.1030/AU.2/12/0645-1/1/II/2020 tanggal 26 Pebruari 2020 dengan opini laporan keuangan konsolidasian menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, dan sepanjang bukan merupakan tindak pidana dan tercermin dalam buku-buku laporan Perseroan.

2.    Memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada para anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019 sepanjang tindakan tersebut bukan merupakan tindak pidana dan tercermin dalam buku-buku laporan Perseroan.

Mata Acara Ketiga

Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2019.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Ketiga tidak terdapat penanya.

Hasil Perhitungan Suara

 

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0,0000060% 0,0000048% 99,9999892%

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.000.183.041 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu empat puluh satu) saham atau merupakan 99,9999940% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

Mengingat kinerja keuangan Perseroan Tahun 2019 mengalami kerugian sebagaimana yang tercatat pada Rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp12,724 miliar, maka diusulkan tidak ada pembagian dividen untuk Tahun Buku 2019.

Mata Acara Keempat

Penetapan Gaji/Honorarium, Tunjangan dan Fasilitas Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk Tahun Buku 2020 dan Tantiem untuk Tahun Buku 2019.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Keempat tidak terdapat penanya.

Hasil Perhitungan Suara

 

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0% 0,0000048% 99,9999952%

Dengan demikian Rapat dengan suara bulat yaitu 5.000.183.341 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh satu) saham atau merupakan 100% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

Menyetujui untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada Pemegang Saham Seri B Terbanyak untuk menetapkan besaran Gaji/Honorarium berikut Fasilitas dan Tunjangan lainnya Tahun 2020 bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris serta insentif kinerja atas kinerja Tahun Buku 2019 bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris.

Mata Acara Kelima

Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2020 dan Laporan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahun Buku 2020.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Kelima tidak terdapat penanya.

Hasil Perhitungan Suara

 

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0% 0,0000048% 99,9999952%

Dengan demikian Rapat dengan suara bulat yaitu 5.000.183.341 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh satu) saham atau merupakan 100% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

Melimpahkan wewenang kepada Dewan Komisaris dengan sebelumnya mendapatkan persetujuan dari Pemegang Saham Seri B Terbanyak untuk:

  1. Menunjuk Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2020;
  2. Menetapkan Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik Pengganti apabila Kantor Akuntan Publik yang telah ditunjuk tidak dapat melanjutkan atau melaksanakan tugas karena sebab apapun berdasarkan ketentuan dan peraturan pasar modal;
  3. Menetapkan kondisi, persyaratan penunjukan dan honorarium Kantor Akuntan Publik Pengganti.

Mata Acara Keenam

Penetapan Penggunaan Laba Ditahan atas dampak penerapan PSAK 71, 72 dan 73.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Keenam tidak terdapat penanya.

Hasil Perhitungan Suara

 

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0% 0,0000048% 99,9999952%

Dengan demikian Rapat dengan suara bulat yaitu 5.000.183.341(lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh satu) saham atau merupakan 100% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

Pelaksanaan penggunaan laba ditahan atas dampak penerapan PSAK 71, 72 dan 73 tersebut efektif berlaku pada Laporan Keuangan Tahun Buku 2020 dan ditetapkan tersendiri oleh Pemegang Saham Seri B Terbanyak dengan sebelumnya berkonsultasi dengan Pemegang Saham Seri A Dwiwarna.

Mata Acara Ketujuh

Persetujuan Perubahan Peraturan Dana Pensiun (PDP) PT Kimia Farma Tbk terkait dengan adanya perubahan atas pendanaan dan/atau besaran Manfaat Pensiun.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Ketujuh tidak terdapat penanya.

Hasil Perhitungan Suara

 

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0% 0,0000048% 99,9999952%

Dengan demikian Rapat dengan suara bulatyaitu 5.000.183.341 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh satu) saham atau merupakan 100%  dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

1.    Peraturan Dana Pensiun (PDP) Kimia Farma terkait adanya perubahan atas pendanaan dan atau besaran manfaat pensiun akan ditetapkan tersendiri oleh Pemegang Saham Seri B Terbanyak dengan sebelumnya berkonsultasi dengan Pemegang Saham Seri A Dwiwarna.

2.    Direksi diminta untuk melakukan kajian atas perubahan pengalihan program pensiun manfaat pasti menjadi program pensiun iuran pasti.

Mata Acara Kedelapan

Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

Jumlah Penanya

Dalam Mata Acara Rapat Kedelapan tidak terdapat penanya.

Hasil Perhitungan Suara

 

TIDAK SETUJU ABSTAIN SETUJU (termasuk Pemegang Saham seri A Dwiwarna)
0% 0,0000048% 99,9999952%

Dengan demikian Rapat dengan suara bulat yaitu 5.000.183.341 (lima miliar seratus delapan puluh tiga ribu tiga ratus empat puluh satu) saham atau merupakan 100%  dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:

1.    Memberhentikan dengan hormat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai Anggota Dewan Komisaris PT Kimia Farma Tbk:

a.    Sdr. Untung Suseno Sutarjo               - sebagai Komisaris Utama;

b.    Sdr. Wahono Sumaryono                   - sebagai Komisaris Independen;

yang diangkat masing-masing berdasarkan keputusan RUPS Tahunan Tahun Buku 2017, RUPS Tahunan Tahun Buku 2018 dan RUPS Tahunan Tahun Buku 2015, terhitung sejak ditutupnya RUPS ini, dengan ucapan terima kasih atas sumbangan tenaga dan pikiran yang diberikan selama menjabat sebagai anggota-anggota Dewan Komisaris PT Kimia Farma Tbk.

  1. Mengangkat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai Anggota Dewan Komisaris PT Kimia Farma Tbk:

a.    Sdr. Alexander Kaliaga Ginting           - sebagai Komisaris Utama;

b.    Sdr. Musthofa Fauzi                            - sebagai Komisaris Independen;

  1. Masa jabatan anggota-anggota Dewan Komisaris yang diangkat sebagaimana dimaksud pada angka 2 sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar PT Kimia Farma Tbk, dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal, serta tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu.
  2. Dengan adanya pemberhentian dan pengangkatan anggota-anggota Dewan Komisaris PT Kimia Farma Tbk, sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan angka 2, maka susunan Anggota Dewan Komisaris PT Kimia Farma Tbk, menjadi sebagai berikut:
No. Nama Jabatan
1 Alexander Kaliaga Ginting Komisaris Utama
2 Subandi Komisaris
3 Chrisma Aryani Albandjar Komisaris
4 Nurrachman Komisaris Independen
5 Musthofa Fauzi KomisarisIndependen
  1. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi PT Kimia Farma Tbk, dengan hak substitusi untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan berkaitan dengan keputusan agenda ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk untuk menyatakan dalam Akta Notaris tersendiri dan memberitahukan susunan Dewan Komisaris PT Kimia Farma Tbk kepada Kementerian Hukum dan HAM.

Jakarta, 30Juli 2020

PT Kimia Farma Tbk

Direksi

*Bukti Iklan Ringkasan RUPS Perseroan Tahun Buku 2019

*Bukti Iklan Ringkasan RUPS LB Perseran Tahun Buku 2018

Bukti Iklan Ringkasan RUPS Perseroan Tahun Buku 2018

Bukti Iklan Ringkasan RUPS Perseroan Tahun Buku 2017

Bukti Iklan Ringkasan RUPS Perseroan Tahun Buku 2016