PENGUMUMAN

RINGKASAN RISALAH RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN TAHUN BUKU 2018 dan

RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA TAHUN 2019

PT KIMIA FARMA (PERSERO) Tbk

 

RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN

Mata Acara Pertama
Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2018 termasuk di dalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pengawasan Dewan Komisaris serta Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Konsolidasian yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018.

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.007.316.465 (lima miliar tujuh juta tiga ratus enam belas ribu empat ratus enam puluh lima) saham atau merupakan 90,1569403% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
Menyetujui Laporan Tahunan Tahun Buku 2018 termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris serta mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan untuk Tahun Buku 2018 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Hadori Sugiarto Adi & Rekan, sebagaimana dimuat dalam laporannya Nomor 00020/2.0768/AU.1/04/0486-1/1/II-2019 tanggal 22 Februari 2019, dengan opini, “wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan konsolidasian PT Kimia Farma (Persero) Tbk dan entitas anak tanggal 31 Desember 2018, serta kinerja keuangan dan arus kas konsolidasiannya untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia, serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan dalam Tahun Buku yang berakhir pada tangggal 31 Desember 2018 sepanjang tindakan tersebut bukan merupakan tindakan pidana dan tercermin dalam buku-buku laporan Perseroan.

Mata Acara Kedua
Persetujuan Laporan Tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahun Buku 2018 serta Pengesahan Laporan Keuangan PKBL yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018.

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.007.316.465 (lima miliar tujuh juta tiga ratus enam belas ribu empat ratus enam puluh lima) saham atau merupakan 90,1569403% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
Menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan PKBL Tahun Buku 2018 termasuk Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Hadori Sugiarto Adi & Rekan, sebagaimana dimuat dalam laporannya Nomor 00015/2.0768/AU.2/09/0048-1/0/II-2019 tanggal 18 Februari 2019 dengan pendapat “wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan PKBL PT Kimia Farma (Persero) Tbk tanggal 31 Desember 2018, aktivitas serta arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan PKBL Tahun Buku 2018, sepanjang tindakan tersebut bukan merupakan tindak pidana dan tercermin di dalam laporan tersebut.

Mata Acara Ketiga
Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2018.

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.007.316.465 (lima miliar tujuh juta tiga ratus enam belas ribu empat ratus enam puluh lima) saham atau merupakan 90,1569403% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
1. Menetapkan penggunaan Laba Bersih Atribusi Pemilik Entitas Induk Perseroan Tahun Buku 2018 sebesar Rp415.895,78 juta sebagai berikut:
a. Sebesar 20% atau Rp83.198,92 juta ditetapkan sebagai dividen tunai.
b. Sebesar 80% atau Rp332.696,86 juta ditetapkan sebagai cadangan lainnya.
2. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk mengatur lebih lanjut mengenai tata cara dan pelaksanaan pembagian dividen tunai tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk melakukan pembulatan ke atas untuk pembayaran dividen per saham.

Mata Acara Keempat
Penetapan Gaji/Honorarium, Tunjangan dan Fasilitas bagi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk Tahun 2019 serta Tantiem untuk Tahun Buku 2018.

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.007.316.465 (lima miliar tujuh juta tiga ratus enam belas ribu empat ratus enam puluh lima) saham atau merupakan 90,1569403% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
1. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem untuk Tahun Buku 2018, serta menetapkan honorarium, tunjangan, dan fasilitas bagi anggota Dewan Komisaris untuk tahun 2019; dan
2. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem untuk Tahun Buku 2018, serta menetapkan gaji, tunjangan, fasilitas, dan insentif lainnya bagi Direksi untuk tahun 2019.

Mata Acara Kelima
Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019 dan Laporan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2019.

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.007.316.465 (lima miliar tujuh juta tiga ratus enam belas ribu empat ratus enam puluh lima) saham atau merupakan 90,1569403% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
1. Menyetujui penunjukan Kantor Akuntan Publik Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan untuk melakukan jasa audit atas Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Laporan Keuangan Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Perseroan Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

2. Memberikan pelimpahan kewenangan kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan besaran imbalan jasa audit, penambahan ruang lingkup pekerjaan yang diperlukan dan persyaratan lainnya yang wajar bagi Kantor Akuntan Publik (KAP) tersebut.
3. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan Kantor Akuntan Publik pengganti dalam hal Kantor Akuntan Publik Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan karena sebab apapun tidak dapat menyelesaikan audit atas Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan Keuangan Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Perseroan Tahun Buku 2019.

Mata Acara Keenam
Perubahan Susunan Pengurus Perseroan

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.007.314.065 (lima miliar tujuh juta tiga ratus empat belas ribu empat ratus enam puluh lima) saham atau merupakan 99,9999521% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
1. Memberhentikan dengan hormat Sdr. Muhammad Umar Fauzi Sebagai Komisaris Perseroan, dengan ucapan terima kasih atas sumbangan tenaga dan pikirannya yang diberikan selama menjabat sebagai Komisaris Perseroan.
2. Memberhentikan dengan hormat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai Anggota Direksi Perseroan:

a. Sdr. Arief Pramuhanto sebagai Direktur Umum dan Human Capital
b. Sdr. Pujianto sebagai Direktur Pengembangan Bisnis
dengan ucapan terima kasih atas sumbangan tenaga dan pikirannya yang diberikan selama menjabat sebagai Direksi Perseroan.

3. Mengangkat Sdr. Subandi sebagai Komisaris Perseroan.
4. Mengangkat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai Anggota Direksi Perseroan:

1. Sdr. Dharma Syahputra sebagai Direktur Umum dan Human Capital
2. Sdr. Andi Prazos sebagai Direktur Pengembangan Bisnis

5. Berakhirnya masa jabatan Anggota Dewan Komisaris dan Anggota Direksi Perseroan yang diangkat sebagaimana dimaksud pada angka 3 dan 4 adalah sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan, dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal dan tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu.

6. Dengan adanya pemberhentian dan pengangkatan Anggota Dewan Komisaris serta Anggota Direksi Perseroan sebagaimana dimaksud pada angka 1,2,3, dan 4 maka susunan Anggota Dewan Komisaris dan Anggota Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:
a. Dewan Komisaris
1. Sdr. Untung Suseno Sutarjo Komisaris Utama
2. Sdr. Chrisma Aryani Albandjar Komisaris
3. Sdr. Nurrachman Komisaris Independen
4. Sdr. Wahono Sumaryono Komisaris Independen
5. Sdr. Subandi Komisaris

b. Direksi
1. Sdr. Honesti Basyir Direktur Utama
2. Sdr. I Gusti Ngurah Suharta Wijaya Direktur Keuangan
3. Sdr. Dharma Syahputra Direktur Umum dan Human Capital
4. Sdr. Verdi Budidarmo Direktur Produksi dan Supply Chain
5. Sdr. Andi Prazos Direktur Pengembangan Bisnis
7. Anggota Dewan Komisaris dan Anggota Direksi yang diangkat sebagaimana dimaksud pada angka 3 dan angka 4 yang masih menjabat pada jabatan lain yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan untuk dirangkap dengan jabatan Anggota Dewan Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Negara, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri atau diberhentikan dari jabatannya tersebut.

8. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan berkaitan dengan keputusan agenda ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk untuk menyatakan dalam Akta Notaris tersendiri dan memberitahukan susunan Direksi Perseroan kepada Kementerian Hukum dan HAM.

 

RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA

Mata Acara Pertama RUPS Luar Biasa
Perubahan Anggaran Dasar

Dengan demikian Rapat dengan suara terbanyak yaitu 5.007.318.765 (lima miliar tujuh juta tiga ratus delapan belas ribu tujuh ratus enam puluh lima) saham atau merupakan 99,9999521% dari jumlah seluruh suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:


a. Menyetujui perubahan Anggaran Dasar Perseroan Pasal 3 Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha.
b. Menyetujui untuk menyusun kembali seluruh ketentuan dalam Anggaran Dasar sehubungan dengan perubahan sebagaimana dimaksud pada butir a keputusan tersebut di atas.
c. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi dengan hak subtitusi untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan berkaitan dengan keputusan mata acara Rapat ini, termasuk menyusun dan menyatakan kembali seluruh Anggaran Dasar dalam suatu Akta Notaris dan menyampaikan kepada instansi yang berwenang untuk mendapatkan persetujuan dan/atau tanda penerimaan pemberitahuan perubahan Anggaran Dasar, melakukan segala sesuatu yang dipandang perlu dan berguna untuk keperluan tersebut dengan tidak ada satu pun yang dikecualikan, termasuk untuk mengadakan penambahan dan/atau perubahan dalam perubahan Anggaran Dasar tersebut jika hal tersebut dipersyaratkan oleh instansi yang berwenang.

 

Bukti Iklan Ringkasan RUPS Perseroan Tahun Buku 2018

Bukti Iklan Ringkasan RUPS Perseroan Tahun Buku 2017

Bukti Iklan Ringkasan RUPS Perseroan Tahun Buku 2016

                             

STOCK PRICE

grafik KAEF.JK
3.280 (+1,70%)
Prev Close : 2.350
Volume : 31.800
BPOMLogo Badan POM kemenbumnlogo Kementerian BUMN
Kemenkeslogo Kementerian Kesehatan beilogo PT. Bursa Efek Jakarta

CURRENCY RATES