Pengenalan profesi memberikan pengetahuan tentang cita-cita serta cara untuk menggapai cita-cita. Anak-anak di sekolah dasar memasuki tahapan play stage, dimana anak-anak meniru orang dewasa namun belum sepenuhnya sadar dengan apa tujuan dari yang ia lakukan tersebut sehingga daya imajinasinya bermain untuk dapat meniru profesi yang ia lihat secara visual.

Dalam rangka meningkatkan kepedulian karyawan kepada anak-anak penerus bangsa, melalui program Kimia Farma Mengajar: Sekali Mengajar, Selamanya Menginspirasi, sebanyak 600 karyawan Kimia Farma dari berbagai profesi berbagi pengetahuan mengenai profesinya kepada ribuan anak-anak Sekolah Dasar (SD)/Madrasah dan sederajat di seluruh pelosok nusantara. Kegiatan digelar serentak di 48 kabupaten/kota di berbagai wilayah Indonesia; mulai dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Pada kelas ini, relawan karyawan Kimia Farma dengan berbagai profesi, ditantang untuk dapat menceritakan profesinya kepada murid sekolah dasar dengan cara uniknya untuk men-deliver pesan yang ingin disampaikan kepada murid sekolah dasar. Kegiatan ini juga sebagai bentuk konkrit dalam melunasi janji kemerdekaan untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dimana harapan dari Kimia Farma Mengajar dapat memberikan inspirasi dan juga motivasi kepada murid-murid sekolah dasar agar dapat menggapai cita-citanya.

Program Kimia Farma Mengajar merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) yang diperingati pada 16 Agustus 2019. Program ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility dari Kimia Farma sebagai BUMN farmasi terbesar untuk turut andil mendukung Pemerintah dalam perkembangan pendidikan anak-anak di Indonesia.

“Sebagai bagian dari masyarakat, Kimia Farma juga ingin memberikan kontribusi dalam kegiatan Pendidikan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa dalam memberikan inspirasi. Saya sangat bangga karena ratusan karyawan Kimia Farma tampak antusias untuk berbagi ilmunya secara serentak di 48 daerah. Harapannya, dari kegiatan ini dapat membangun cita-cita anak negeri dan menginspirasi untuk masa depannya nanti,” kata Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir dalam sambutannya di SD 02 Cideng, Gambir, Jakarta Pusat (28/8/2019).

Selain mengajarkan mengenai profesi dan isnpirasi, Kimia Farma juga memberi bantuan pendidikan dan bantuan Kantin Sehat serta edukasi pola makan bergizi untuk mengedukasi seluruh perangkat sekolah mengenai pemilihan makanan/jajanan yang sehat. Di samping menaruh perhatian di bidang pendidikan, Kimia Farma bertekad dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan Indonesia Sehat.