PT  Kimia Farma (Persero) Tbk. secara terus menerus melaksanakan dan mengimplementasi prinsip-prinsip GCG secara konsisten dan berkesinambungan, dalam rangka untuk selalu dapat meningkatkan nilai Perseroan (Corporate Value) dan pertumbuhan bisnis jangka panjang, yang diyakini bahwa hal tersebut adalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan (Stakeholder). 

Dalam pengelolaan kegiatan bisnisnya, PT Kimia Farma (Persero) Tbk  selalu berupaya bebas dari praktek praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), dan tetap memperhatikan prinsip-prinsip GCG, sehingga pengelolaan Perseroan ini dikelola dengan amanah, transparan dan akuntabel.

Dalam kegiatan bisnis nya PT Kimia Farma (Persero) Tbk , tidak dapat terlepas dari hubungan dan interaksi dengan banyak pihak, baik pihak internal Perseroan maupun pihak dari luar Perseroan guna menjalin kerjasama bisnis yang harmonis serasi dan berkesinambungan, dengan tidak melupakan etika dan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Terkait dengan hubungan bisnis ini, hal yang sering terjadi dan tidak terhindarkan adalah penerimaan, pemberian dan permintaan hadiah / cinderamata dan atau hiburan (entertainment) dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kegiatan dan hubungan bisnis tetap berada pada koridor etika dan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, dan agar dalam pengelolaan Perseroan ini tetap amanah, transparan dan akuntabel, maka diperlukan sikap tegas terhadap penanganan/pengaturan mengenai gratifikasi (penerimaan, pemberian, permintaan) hadiah/cinderamata, hiburan/entertainment dll yang melibatkan Insan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, meskipun disadari bahwa dalam kegiatan bisnis gratifikasi merupakan hal yang sulit dihindari, namun demikian upaya untuk mengatakan tidak pada gratifikasi ini harus tetap dilakukan dan dibudayakan dalam setiap langkah kegiatan bisnis Perseroan, sebagai proses pembelajaran bagi Insan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, sehingga mempunyai harkat, martabat dan citra yang tinggi dalam hubungan bisnis.

Sehubungan dengan itulah untuk mendukung penerapan kebijakan gratifikasi maka disusunlah suatu Pedoman Pengelolaan/ Penanganan/ pengaturan Gratifikasi yang selaras dengan pedoman Tata kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dan Pedoman Perilaku (Code Of Conduct) serta nilai-nilai budaya perusahaan. 

 

Pedoman Pengelolaan Gratifikasi