Mekanisme Kerja Penerapan Manajemen Risiko

Mekanisme kerja penerapan manajemen risiko meliputi aktivitas proses manajemen risiko yang dilaksanakan oleh Manajemen dan seluruh karyawan, dan aktivitas mengadministrasikan,

mongkoordinasikan dan memfasilitasi seluruh proses manajemen risiko yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Manajemen Risiko dan staf Manajemen Risiko.

  1. Mekanisme kerja Proses Manajemen Risiko

    1. Unit Kerja Manajemen Risiko membuat usulan Kriteria Risiko Korporat yang mencakup Kriteria Pengukuran Risiko dan Kriteria Evaluasi Risiko yang ditujukan kepada Direksi.
    2. Direksi melakukan reviu atas usulan Kriteria Risiko Korporat yang dibuat oleh Unit Kerja Manajemen Risiko 
    3. Direksi membuat ketetapan mengenai Kriteria Risiko Korporat setelah mendapatkan persetujuan dari Komisaris. Kriteria Risiko ini merupakan acuan yang harus dilaksanakan oleh seluruh Unit Kerja yang ada di Perusahaan.
    4. Unit Kerja terlebih dahulu melaksanakan penetapan konteks untuk memahami proses dan aktivitas yang ada di unitnya, menentukan kriteria yang digunakan dalam pengukuran risiko dengan menggunakan berbagai pendekatan, baik kuantitatif, kualitatif dan/atau semi kuantitatif.
    5. Unit Kerja yang mengetahui secara pasti risiko yang relevan dengan aktivitasnya melakukan identifikasi risiko di Unit Kerja nya masing - masing

  2. Aktivitas mengadministrasikan, mengkoordinasikan dan memfasilitasi seluruh proses manajemen risiko yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Manajemen Risiko bersama staf unit kerja Manajemen Risiko

    1. Petugas Manajemen Risiko membantu pimpinan Unit Kerja mengadministrasikan risiko yang diidentifikasi, pemetaan risiko, prioritasi risiko, dan rencana penanganan risiko di Unit Kerja nya ke dalam register risiko, peta risiko, daftar prioritas risiko dan daftar rencana penanganan risiko
    2. Petugas Manajemen Risiko mengklarifikasikan kembali hasil administrasi risiko tersebut untuk disepakati sebagai profil risiko di Unit Kerja nya masing-masing
    3. Selanjutnya petugas Manajemen Risiko menyusun Laporan Profil Risiko Unit Kerja dan menyampaikannya kepada Unit Kerja Manajemen Risiko
    4. Unit Kerja Manajemen Risiko menerima Laporan Profil Risiko dari setiap Unit Kerja dan menkompilasinya menjadi Laporan Profil Risiko Korporat
    5. Unit Kerja Manajemen Risiko membantu menyusun rencana penanganan risiko korporat
    6. Unit Kerja Manajemen Risiko menyampaikan Laporan Profil Risiko Korporat dan rencana penanganannya kepada Direksi untuk mendapat persetujuan
    7. Selanjutnya, Unit Kerja Manajemen Risiko melakukan pemantauan risiko dan efektifitas rencana penanganan risiko korporat secara terus menerus