Untuk pertama kalinya, Perseroan akan mengekspor produk kosmetik ke Arab Saudi mulai tahun ini. Direktur Pengembangan Bisnis Perseroan, Andi Prazos mengatakan, ada 29 jenis produk yang akan diekspor ke negara tersebut.

Mayoritas produk kosmetik yang diekspor adalah bedak, baik yang berbentuk tabur maupun padat dengan merek dagang Marcks’ Venus.

 

Di samping itu, ada juga sabun pencuci wajah (facial wash) dan lotion untuk tangan dan tubuh (hand and body lotion). 

 Andi mengatakan, produk-produk tersebut akan dipasarkan melalui retail KAEF di Arab Saudi bernama Kimia Farma Dawaa yang saat ini jumlahnya mencapai 29 toko. “Ada tiga yang sedang dibangun. InsyaAllah target tahun ini jadi 35 toko. Kami juga akan pasarkan di retail-retail lain di Arab Saudi,” kata Andi saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (23/8).

Menurut Andi, perusahaannya memutuskan untuk mengekspor produk kosmetik KAEF ke Arab Saudi karena melihat peluang pasar, terutama dari adanya peserta umroh dan haji dari Indonesia. 

“Sama-sama kita ketahui bahwa tiap bulan bahkan mungkin tiap hari ada jamaah umroh dari Indonesia,” ucap dia. 

Oleh karena itu, KAEF telah menyiapkan rencana penjualan dan pemasaran demi memperkenalkan produk-produk kosmetiknya di Arab Saudi.

Asal tahu saja, Arab Saudi menjadi kontributor pendapatan ekspor terbesar ketiga untuk KAEF pada tahun ini. Berada di bawah Nigeria dan Yaman.  Sebagai gambaran, per 2018, penjualan ekspor menyumbang 3,73% terhadap total penjualan bersih KAEF yang mencapai Rp 7,45 triliun.

*https://investasi.kontan.co.id/news/kimia-farma-kaef-ekspor-produk-kosmetik-ke-arab-saudi-mulai-tahun-ini