Makkah - Tim Ekonomi Perdagangan KJRI Jeddah yang terdiri dari Pelaksana Fungsi Ekonomi-2 KJRI Jeddah, Agus Muktamar dan didampingi seorang Staf Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah, Muzafar Sahidu mengadakan kunjungan kerja ke Head Office Kimia Farma Dawaa Mekkah, Selasa, 2 Oktober 2018.

 

Kedatangan Tim Ekonomi Perdagangan KJRI Jeddah disambut oleh General Manager Perusahaan Kimia Farma Dawaa, Hendra Farma Johar di Kantornya yang beralamat di Al Aziziyah World Trade Centre, Makkah.

Kunjungan tersebut dalam rangka menjaring informasi tentang keberhasilan Kimia Farma dalam melakukan ekspansi bisnis di Arab Saudi dan mengetahui perkembangan bisnisnya hingga saat ini.

Dalam pertemuan tersebut, Hendra Farma Johar menjelaskan bahwa Kimia Farma, BUMN yang bergerak dalam bidang layanan kesehatan ini telah menjajaki peluang ekspansi ke Arab Saudi sejak tahun 2015 dan pada tanggal 19 Juli 2017 telah dilakukan penandatanganan Conditional Share Subscription Agreement (Perjanjian Penyertaan Modal) antara PT Kimia Farma dan Dawaa Medical Company, anak perusahaan Marei Binmahfouz Group, KSA.

Saat ini, tercatat per September 2018 jumlah outlet Kimia Farma Dawaa di Arab Saudi berjumlah 34 outlet dengan wilayah sebarannya sebagai berikut 21 outlet berada di Jeddah, 10 di Mekkah dan 3 outlet baru di Madinah.

Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah akan membantu secara aktif mensosialisasikan produk obat-obatan Indonesia di Arab Saudi melalui berbagai kesempatan dan berharap Kimia Farma menjadi salah satu pembuka jalan untuk masuknya poduk-produk lndonesia lainnya seperti obat-obatan tradisional, healthy food, alat-alat kesehatan, dan kosmetik.

Produk-produk tersebut cukup diminati di Arab Saudi dan saat ini telah terdapat beberapa perusahaan Indonesia yang menyampaikan minat untuk berekspansi pasar Timur Tengah melalui Saudi.

 

Sumber : https://www.kemlu.go.id/jeddah/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/Pelaksana-Fungsi-Ekonomi-KJRI-Jeddah-Kunjungi-Head-Office-Kimia-Farma-Dawaa-Makkah.aspx