Unit Research & Development melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan produk baru Perseroan, yang dilengkapi dengan laboratorium formulasi dan laboratorium analisis (skala laboratorium dan skala pilot), fasilitas ekstraksi dan kebun percobaan tanaman obat seluas 5 Ha di Banjaran, Bandung dan 1.060 Ha di Bintang, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Unit Researh & Development melakukan penelitian formulasi, baik untuk sediaan modern maupun herbal medicine, sintesa kimia sederhana dan pengembangan tanaman obat.

Saat ini, Perseroan mengembangkan obat atau produk farmasi yang berbasis knowledge yaitu produk bioteknologi dan radiofarmasi. Di samping itu, Perseroan juga mengembangkan produk obat yang berbahan dasar dari tumbuh-tumbuhan (herbal) yang memanfaatkan kekayaan hayati Indonesia sekaligus bermanfaat bagi masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan teknologi kedokteran di bidang terapi, Perseroan senantiasa mengantisipasi dan menyiapkan diri untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan merencanakan pengembangan bisnis dan produk ke depan, diantaranya bisnis rumah sakit, penelitian dan pengembangan sel punca, jasa penyimpanan sel punca, kultur jaringan, radio farmaka, produk kimia seperti : yodium dan turunannya, ferro sulfat, minyak jarak dan turunannya serta ekspansi jaringan apotek di luar negeri. Upaya dan rencana pengembangan bisnis dan produk tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan value Perseroan serta tercapainya tujuan transformasi.

Produk Baru

Perusahaan memperbaiki fasilitas Riset dan Pengembangan sesuai c-GMP (current ood Manufacturing Practice) dan terus mengembangkan produk baru. Ada 3 (tiga) produk yang telah diluncurkan di tahun 2014, yaitu:
1. Heplav (Lamivudin 100 mg) tablet
2. Clopedin (Pethidin) injeksi
3. Diazepam 2 mg (botol isi 100 tablet)